Pemerintah Bikin Regulasi agar Esports Indonesia Makin Maju

By | February 7, 2019

Apakah Anda pernah mendengar tentang esport? Esport atau olahraga elektronik merupakan kompetisi game yang saat ini sedang banyak berkembang di berbagai negara termasuk di Indonesia. Esports masuk menjadi salah satu cabang pertandingan yang dilakukan di asian games 2018 serta SEA games 2019. Hal tersebut tentu disambut positif oleh gamers Indonesia. Terlebih saat ini pemerintah mengadakan Piala Presiden Esports 2019 yang tentunya menjadi titik awal berkembangnya esports di Indonesia.

Harapan Pemain Mengenai Perkembangan Esports

Perkembangan esports yang semakin pesat di Indonesia tentunya harus diiringi dengan regulasi yang mengatur berbagai hal penting agar nantinya tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Andiran Pauline (Chef Ececutive Officer tim RRQ) menjelaskan bahwa di Indonesia harus terdapat hukum yang mengatur mengenai esports. Beliau menjelaskan bahwa pemerintah saat ini harus dengan segera merancang batasan yang jelas guna membawa esports Indonesia menjadi lebih baik.

Andrian menjelaskan bahwa mereka bersama dengan pemerintah akan duduk bersama berdiskusi mengenai perkembangan esports. Andian menambahkan bahwa payung hukum mengenai esports harus melibatkan berbagai kalangan, mulai dari kalangan tim, pemain, serta pemangku kepentingan di industri Indonesia. Hal ini tentu tidak hanya berlaku di Jakarta saja, akan tetapi berharap sampai ke daerah.

Jokowi selaku presiden Indonesia menyampaikan dalam debat Capres bahwa industri game saat ini memiliki peluang dan kontribusi yang besar bagi perekonomian di Indonesia. Industri game sendiri memiliki ekonom yang tumbuh dengan sangat pesat. Pada tahun 2017, perputaran yang diperoleh mencapai Rp 11 triliun sampai Rp 12 triliun. Hal tersebut terus tumbuh per tahunya 30% sampai 35%.

Joko Widodo menambahkan bahwa anggaran iklan saat ini sudah mulai bergeser ke dalam industri game. Ini membuat pemerintah harus dengan segera memberikan regulasi yang baik untuk perkembangan esports ke arah yang lebih maju. Beliau menyebutkan bahwa game menjadi hal yang disenangi oleh pemuda di Indonesia. Pemerintah mendukung dengan membangun berbagai infrastruktur yang mendukung. Beliau menambahkan bahwa akan dikembangkan ekosistem sehingga nantinya mereka dapat menikmati game yang berasal dari Indonesia.

Tim Lovre esports juga angkat bicara mengenai perkembangan esports di Indonesia. Mereka menyebutkan bahwa ada banyak kalangan yang juga harus berperan untuk mengembangkan esports. Pemerintah diharapkan memberikan dukungan kepada atlet esports untuk lebih berprestasi. Mereka menjelaskan bahwa salah satu bentuk dukungan yang dapat diberikan adalah dengan menyelenggarakan turnamen yang dilaksanakan oleh pemerintah, sama halnya dengan sepak bola dan basket.

Perkembangan esports yang semakin pesat ini dapa dilihat atau ditinjau dari pengguna aktif yang mencapai 50 juta orang pada September 2018 di Indonesia. Angkat tersebut menjadikan Indonesia sebagai kontributor pengguna aktif terbesar pada game mobile legends dengan angka yang diberikan 29,4% dari total keseluruhan 170 juta pengguna yang aktif setiap bulan secara global.

Hal yang sama pun disampaikan oleh tim kido yang menyebutkan bahwa mereka sangat berharap kepada pemerintah untuk memberikan dukungan kepada tim Indonesia dalam keikutsertaan di ajang esports tingkat dunia maupun regional. Kido menambahkan bahwa pemerintah harus melakukan seleksi kepada atlet esports agar memperoleh atlet yang terbaik. Hal tersebut dapa ditunjukkan dengan melakukan training camp serta apresiasi kepada para atlet yang memiliki prestasi. Kido juga sangat berharap dukungan dari platform yang menyediakan live streaming khusus untuk game serta esports. Dengan demikian, maka akan semakin banyak orang yang mengenal esports dan akan semakin banyak sponsor yang tertarik.

Status Esports di Mata IOC

Eddy Lim selaku ketua umum iespa (Indonesia esports Association) menjelaskan bahwa status atlet game saat ini menggantung. Hal ini disebabkan karena esports masih dalam proses untuk masuk ke dalam cabang olahraga di IOC (International Olympic Committee). Eddy menyebutkan bahwa membutuhkan prosedur yang panjang untuk dapat menjadikan esports sebagai bagian cabang olahraga karena perlunya pengajuan kepada IOC. IOC selaku organisasi yang mengurus olahraga internasional masih mempertimbangkan status esports sebagai salah satu cabang olahraga resmi. Meskipun Indonesia sudah mengakui esports, akan tetapi belum mengetahui statusnya merupakan olahraga resmi atau bukan.

Sekretaris menpora menyebutkan bahwa pihaknya sampai sekarang belum membahas hal tersebut dalam lingkup kementerian. Meskipun demikian, pemerintah saat ini memberikan angin segar kepada industri esports untuk semakin berkembang di masa yang akan datang. Menurut undang-undang mengenai sistem olahraga nasional tahun 2003, belum terdapat aturan mengenai esports.

Dengan perkembangan esports, tentu ada banyak kalangan yang harus mendukung untuk semakin berkembangnya olahraga yang satu ini. Tidak hanya dari pemerintah saja, akan tetapi media juga memiliki peran untuk perkembangan esports ke depannya. Media menjadi penyalur kepada masyarakat untuk mengetahui lebih dalam mengenai esports sehingga esports tidak lagi dipandang sebelah mata.