Persiapan Indonesia Menuju Teknologi 5G

By | February 26, 2019

Perkembangan teknologi saat ini memang dikenal sangat pesat. Ada banyak teknologi yang dikembangkan untuk mempermudah aktivitas manusia. Salah satunya adalah perkembangan teknologi jaringan seluler. Baru-baru ini, jaringan selulur 4G sudah diterapkan di Indonesia. Ada banyak keuntungan yang diperoleh degan mengusung jaringan seluler generasi keempat. Kemudahan mengakses internet sudah diperoleh di berbagai tempat di Indonesia.

Persiapan Regulasi menyambut Jaringan 5G

Pada tahun 2020 mendatang, akan dikembangkan teknologi jaringan seluler dengan generasi kelima atau yang lebih dikenal dengan 5G. Di Indonesia sendiri, sudah melakukan persiapan untuk menyambut 5G sejak tahun 2015. Persiapan tersebut dilakukan dengan membuat tim khusus dengan tajuk Indonesia 5G Forum. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Indonesia mengadopsi jaringan 5G. Pihaknya menyebutkan bahwa kita perlu menjadi rational adopter dengan melihat terlebih dahulu bagaimana negara lain mengadopsi teknologi ini. Hal ini bertujuan agar kita belajar serta lebih siap dalam menghadapi kemungkinan yang terjadi.

Kesiapan yang dimaksud tidak hanya berhubungan dengan teknologi saja, akan tetapi juga berhubungan dengan kesiapan industri, regulasi, serta ekosistem masyarakat yang menggunakan. Mereka menyebutkan bahwa jika masyarakat merasa belum siap menggunakan teknologi 5G, maka implementasi dari 5G sendiri tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Mereka juga menyebutkan bahwa dampak sosial yang akan ditimbulkan oleh 5G lebih kompleks jika dibandingkan dengan 4G LTE. Hal ini disebabkan karena akan banyak bermunculan disruptive technology. Hal ini membuat pemerintah harus lebih matang dalam mempersiapkan kedatangan jaringan seluler 5G.

Penasihat dari Indonesia 5G Forum menyebutkan bahwa Indonesia tidak dapat membendung teknologi ini. Yang bisa dilakukan adalah dengan membentuk regulasi yang kokoh sehingga nantinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Indonesia 5G Forum menjadi salah satu lembaga yang direkomendasikan untuk merumuskan regulasi mengenai info umum dunia jaringan seluler 5G.

Perisiapan Menyambut Jaringan 5G dari Penyedia Teknologi

Terlepas dari persiapan regulasi dan masyarakat, penyedia teknologi 5G sendiri sudah siap untuk menyalurkan teknologi tersebut ke seluruh dunia. Konsorsium termasuk Nokia, ZTE, Ericsson, serta Qualcomm mengaku sudah siap dalam menghadapi jaringan seluler 5G. Network Evolution Ericsson menyebutkan bahwa telekomunikasi di Indonesia harus mulai mencoba untuk menggunakan teknologi 5G. Hal ini bertujuan agar inovasi yang terbentuk akan semakin cepat. Pihak mereka sudah menandatangani kontrak dengan 33 perusahaan telekomunikasi yang ada di dunia untuk segera merealisasikan jaringan seluler 5G.

Nies Purwati selaku Director of Goverment Affairs Qualcomm Southeast Asia menyebutkan bahwa wajar jika Indonesia tidak ingin terburu-buru dalam menerapkan jaringan seluler 5G dikarenakan Indonesia bukanlah negara produsen teknologi. Nies menyebutkan bahwa tidak ada salahnya jika Indonesia ikut memantau perkembangan yang ada untuk melihat dimana Indonesia dapat bersaing. Sebagai contoh dalam hal aplikasi atau startup. Berbagai persiapan harus dilakukan dari dengan matang.

Ya, meskipun teknologi jaringan seluler 5G memiliki banyak dampak positif, akan tetapi perlu diimbangi dengan persiapan yang matang dari berbagai sisi agar nantinya teknologi ini memberikan hal yang maksimal. Untuk menjadikannya semakin maju tentu membutuhkan berbagai persiapan yang tidak mudah. Sangat diharapkan peran dari pemerintah, masyarakat, dan telekomunikasi untuk bekerja sama agar teknologi yang dikembangkan dapat berjalan dengan lancar.