Teknologi Terbaru Untuk Operasi Jantung Yang Wajib Diketahui

By | May 29, 2019
Spread the love

Dewasa ini perkembangan teknologi khususnya di dunia kesehatan semakin pesat. Hal tersebut tentu disambut dengan oleh masyarakat apalagi bagi mereka yang membutuhkan perhatian khusus untuk menyembuhkan penyakit yang diderita. Operasi jantung adalah salah satu tindakan medis yang selalu menerapkan inovasi untuk mempercepat tindakan penyembuhan bagi pasien. Bentuk inovasi dari pembedahan jantung yang dikenal masyarakat untuk mengatasi penyakit jantung koroner adalah CABG. Selain merupakan salah satu inovasi baru dalam dunia kedokteran, CABG juga memiliki banyak manfaat apabila dibandingkan dengan pembedahan jantung menggunakan metode yang lainnya seperti pasang ring dan kateterisasi.

Beberapa Hal Terkait Cabg Wajib Anda Ketahui

Penyakit jantung dan pembuluh darah adalah salah satu penyebab kematian terbesar bagi masyarakat di seluruh dunia. Penyebabnya dikarenakan pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, tingkat stress yang tinggi serta kurangnya aktivitas fisik. Akibatnya timbullah pengendapan lemak pada pembuluh darah. Apabila timbunan lemak tersebut menyumbat pembuluh darah koronaria di jantung maka akan menimbulkan gangguan dan penyakit jantung koroner. CABG adalah salah satu alternatif yang dapat Anda pilih bagi Anda yang ingin menyembuhkan penyakit jantung koroner. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait tindakan CABG :

  • Coronary Artery Bypass Grafting (CABG) memerlukan tindakan bedah

Sesuai dengan namanya, operasi bypass yang diperuntukkan bagi penderita penyakit jantung koroner tentu memerlukan tindakan operatif untuk melaksanakan prosesnya. Biasanya dokter dan tim medis akan melakukan pembedahan pada area tulang rusuk di sekitar dada. Proses ini memakan waktu yang cukup lama karena rumit dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Kisaran waktu yang dibutuhkan yaitu 6 hingga 8 jam.

  • Merupakan alternatif apabila pemasangan ring pada jantung masih mengalami sumbatan

Selanjutnya hal yang harus Anda ketahui terkait operasi CABG adalah tindakan ini akan dipilih oleh dokter apabila pasien masih mengalami penyumbatan pada pembuluh darah jantung setelah dilakukan pemasangan ring. Dalam pembedahan tersebut akan dicari jalan alternatif untuk aliran darah yang tersumbat, baik melalui pembuluh darah yang lain atau dengan mengganti pembuluh darah koroner yang lain dari bagian jaringan tubuh pasien.

  • Memiliki berbagai variasi tindakan

Kemudian hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah operasi jantung bypass memiliki berbagai variasi tindakan. Variasi tindakan tersebut dipilih berdasarkan kondisi medis dari pasien penyakit jantung koroner. Pilihannya pun beragam mulai dari pembedahan dengan membuka tulang rusuk maupun dengan tanpa membuka tulang rusuk. Konsultasikan tindakan yang akan diambil oleh dokter berikut efek samping yang mungkin ditimbulkan bersama dengan pihak keluarga agar dapat memilih tindakan yang terbaik.

Lakukan Hal Berikut Seusai Menjalani Operasi Jantung

Setelah menjalani operasi pembedahan jantung, tentu tidak serta merta Anda terhindar dari bahaya penyakit jantung. Oleh karenanya diperlukan tindakan yang khusus bagi Anda yang telah mengalami operasi bypass agar mencegah timbulnya kembali penyumbatan pembuluh saraf yang terdapat pada jantung. Berikut adalah uraiannya :

  • Menjaga pola makan

Salah satu hal yang harus selalu Anda jaga dan perhatikan sesuai melakukan operasi bypass adalah harus tetap menjaga pola makan. Meskipun pembuluh darah jantung Anda telah bebas dari sumbatan namun bukan tidak mungkin apabila pembuluh darah tersebut kembali mengalami sumbatan akibat konsumsi makanan yang tidak sehat. Oleh karenanya tetap perhatikan pola makan Anda ya.

  • Melakukan aktivitas fisik secara rutin dan istirahat yang cukup

Selain menjaga pola makan Anda agar tetap sehat, setelah melakukan operasi bypass Anda juga diharuskan untuk tetap melakukan aktivitas fisik secara rutin serta tidak lupa istirahat yang cukup. Kedua rutinitas tersebut tentu seharusnya dilakukan secara seimbang. Karena terlalu banyak aktivitas fisik tanpa adanya waktu istirahat yang cukup juga akan membahayakan bagi kesehatan jantung Anda.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait operasi jantung dengan teknik CABG atau bypass. Jangan lupa untuk tetap menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner baik yang baru maupun ulangan. Semoga bermanfaat.